BERITA HEBOH TERDAHSYAT ABAD INI :

SISTEM AKUNTANSI


UJIAN TAKE HOME MATA KULIAH SISTEM AKUNTANSI
PT. AROMA SNACK

PT. Aroma Snack adalah perusahaan manufactur yang sedang berkembang dan berlokasi di daerah Tangerang. Perusahaan ini memiliki 178 orang pegawai yang bekerja di kantor dan pabrik, dan telah berdiri sejak tahun 2003. Perusahaan ini memproduksi makanan ringan yang dijual disekitar daerah tangerang dan Jakarta. Karena perusahaan masih terbilang belum lama berdiri sehingga target perusahaan saat ini adalah penguasai pasar  makanan ringan untuk anak-anak di wilayah Tangerang dan Jakarta, dan target selanjutnya adalah memasuki pasar kota Bandung, Surabaya dan Jogjakarta.
Perusahaan ini melakukan aktivitasnya telah dibantu dengan computer walaupun tidak diseluruh divisi. Bagian yang telah menggunakan computer adalah : Divisi akuntansi, Divisi penjualan, Divisi gudang, Divisi pembelian, dan seluruh manajer serta Direktur.


Berikut ini adalah system informasi akuntansi yang terjadi didalam lembaga ini, dan saudara diminta untuk membuat desain system dengan alat document flowchart dan data flow diagram sesuai dengan kondisi perusahaan:
1.       Sistem Informasi Pembelian Kredit
Perusahaan melakukan pembelian kredit pada supplier berdasarkan  hasil pemesanan bahan baku yang telah dilakukan sebellumnya.

Bagian yang Terkait untuk system ini adalah :
·        Divisi Pembelian
·        Divisi Penerimaan Barang
·        Divisi Akuntansi

Dokumen yang digunakan adalah :
·        Surat Pengajuan Pembelian Barang
·        Faktur Pemesanan Barang
·        Faktur Pembelian
·        Surat Pengiriman
·        Laporan Penerimaan Barang
















PENYELESAIAN:
Prosedur:
1.       Divisi pembelian
·         membuat surat pengajuan pembelian barang untuk disetujui direktur
·         Membuat faktur pemesanan barang
·         Mengirim faktur pemesanan barang ke suplier serta melakukan tawar menawar harga
·         Membuat faktur pembelian rangkap 4, yaitu untuk suplier, bagian gudang, bagian akuntansi, dan arsip.
2.       Divisi penerimaan barang
·         Menerima barang dari suplier serta surat pengiriman yang kemudian diserahkan kebagian pembelian.
·         Membuat laporan penerimaan barang rangkap 2 untuk diberikan ke divisi akuntansi.

3.       Divisi akuntansi
·         Menerima faktur pembelian dari divisi pembelian dan laporan penerimaan barang dari divisi penerimaan barang.
·         Mencocokkan faktur pembelian dan laporan penerimaan barang.
·         Entri data dan disimpan di file pembelian barang.

Entity terkait:
·         Direktur
·         Suplier




KET:
o   SPPB = surat pengajuan pembelian barang
o   FPB = faktur pemesanan barang
o   FB = faktur pembelian
o   SPB = surat pengiriman barang
o   LPB = laporan penerimaan barang


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Lintas Umum

Baca juga yang ini :

Berita %7C Politik
Berita


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.