UJIAN TAKE HOME
MATA KULIAH SISTEM AKUNTANSI
PT. AROMA SNACK
PT. Aroma Snack adalah perusahaan manufactur
yang sedang berkembang dan berlokasi di daerah Tangerang. Perusahaan ini
memiliki 178 orang pegawai yang bekerja di kantor dan pabrik, dan telah berdiri
sejak tahun 2003. Perusahaan ini memproduksi makanan ringan yang dijual
disekitar daerah tangerang dan Jakarta. Karena perusahaan masih terbilang belum
lama berdiri sehingga target perusahaan saat ini adalah penguasai pasar makanan ringan untuk anak-anak di wilayah
Tangerang dan Jakarta, dan target selanjutnya adalah memasuki pasar kota
Bandung, Surabaya dan Jogjakarta.
Perusahaan ini melakukan aktivitasnya telah
dibantu dengan computer walaupun tidak diseluruh divisi. Bagian yang telah
menggunakan computer adalah : Divisi akuntansi, Divisi penjualan, Divisi
gudang, Divisi pembelian, dan seluruh manajer serta Direktur.

Berikut ini adalah
system informasi akuntansi yang terjadi didalam lembaga ini, dan saudara
diminta untuk membuat desain system dengan alat document flowchart dan data
flow diagram sesuai dengan kondisi perusahaan:
1.
Sistem Informasi Pembelian Kredit
Perusahaan
melakukan pembelian kredit pada supplier berdasarkan hasil pemesanan bahan baku yang telah dilakukan
sebellumnya.
Bagian yang Terkait untuk system ini adalah :
·
Divisi Pembelian
·
Divisi Penerimaan Barang
·
Divisi Akuntansi
Dokumen yang
digunakan adalah :
·
Surat Pengajuan Pembelian Barang
·
Faktur Pemesanan Barang
·
Faktur Pembelian
·
Surat Pengiriman
·
Laporan Penerimaan Barang
PENYELESAIAN:
Prosedur:
1.
Divisi pembelian
·
membuat surat pengajuan pembelian barang untuk
disetujui direktur
·
Membuat faktur pemesanan barang
·
Mengirim faktur pemesanan barang ke suplier
serta melakukan tawar menawar harga
·
Membuat faktur pembelian rangkap 4, yaitu untuk
suplier, bagian gudang, bagian akuntansi, dan arsip.
2.
Divisi penerimaan barang
·
Menerima barang dari suplier serta surat
pengiriman yang kemudian diserahkan kebagian pembelian.
·
Membuat laporan penerimaan barang rangkap 2
untuk diberikan ke divisi akuntansi.
3.
Divisi akuntansi
·
Menerima faktur pembelian dari divisi pembelian
dan laporan penerimaan barang dari divisi penerimaan barang.
·
Mencocokkan faktur pembelian dan laporan
penerimaan barang.
·
Entri data dan disimpan di file pembelian
barang.
Entity terkait:
·
Direktur
·
Suplier

KET:
o SPPB
= surat pengajuan pembelian barang
o FPB
= faktur pemesanan barang
o FB
= faktur pembelian
o SPB
= surat pengiriman barang
o LPB
= laporan penerimaan barang

0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.